4 Cara Mengatasi Laptop Lemot Tanpa Instal Ulang

Salah satu masalah yang kerap terjadi pada laptop yang Anda miliki adalah lemot atau lambat merespon saat kita memberikan tugas kepadanya. Hal ini tentunya menjadi salah satu masalah yang mengganggu. Instal ulang mungkin dapat menjadi solusi, namun, ada juga lho cara mengatasi laptop lemot tanpa instal ulang. Laptop lemot dapat disebabkan oleh banyak hal. Penyebab yang pertama bisa jadi adalah karena serangan virus komputer.

cara mengatasi laptop lemot tanpa instal ulang

Selain karena serangan virus, laptop yang lemot juga dapat disebabkan karena melakukan kegiatan multitasking yang terlalu banyak sehingga komputer tidak dapat menangani perintah yang dimasukkan. Nah, penyebab lainnya adalah kapasitas ram yang ada pada komputer Anda terlalu kecil sementara Anda memiliki banyak aplikasi yang membutuhkan ruang ram besar.

Jika kita sudah tahu apa penyebabnya, tentunya kita dapat menangani masalah lemot pada laptop dengan cepat dan akurat. Oleh sebab itu penyebab laptop menjadi lemot dan cara mengatasinya menjadi hal yang penting untuk diketahui. Nah, bagi Anda yang penasaran dengan bagaimana cara mengatasi laptop lemot, berikut adalah cara mengatasi laptop yang lemot dan not responding tanpa melakukan install ulang bagi Anda.

  1. Menghapus dokumen temporary pada drive C
    Caranya masuk ‘start’ lalu ketik %temp% lalu hapus semua file yang ada di dalamnya.
  2. Menambah kapasitas Ram
    Seperti yang sudah dibahas di atas, salah satu penyebab laptop menjadi lemot adalah kapasitas ram yang terlampau kecil. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat menambah kapasitas ram pada laptop Anda.
  3. Uninstall aplikasi yang jarang digunakan
    Untuk membuat ruang pada ram yang Anda miliki, Anda bisa menghapus aplikasi yang tidak terpakai.
  4. Scan antivirus
    Lemot juga dapat disebabkan karena adanya serangan virus. Melakukan scan komputer Anda dengan antivirus dapat menangani masalah Anda.

Itu tadi cara mengatasi laptop lemot tanpa instal ulang yang dapat Anda lakukan. Masih ada cara lain yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah lemot dalam laptop. Cara yang digunakan dapat Anda sesuaikan dengan penyebab. Jadi, jangan buru-buru menginstal ulang laptop Anda, temukan penyebabnya dan atasi sesuai dengan penyebabnya akan menjadi pilihan yang tepat. Sekian, semoga tulisan singkat ini bisa bermanfaat untuk anda dan tetap update ilmu komputer anda dengan membaca berbagai macam informasi yang kami sajikan.

Baca hal penting ini : Teknik belajar ilmu komputer yang paling efektive

Leave a Reply